Pergerakan Akor dasar dan minor

Pergerakan Akor dalam Musik

HARMONI, MUSIC, AKOR
Musik secara harmoni adalah berkumpulnya segala komponen musikal, satu dan yang lainnya membentuk kesatuan yang utuh, yang dinamakan harmonis. Dalam pengembangan musik, melodi akan tampak menjadi sempurna jika adalah nada-nada lainnya yang menyertai melodi tersebut. Akor dimainkan seperti biasanya untuk mengiringi lagu-lagu. Insrumen yang biasa digunakan seperti, gitar, piano, atau intrumen multitone/accompagnent......s

Akor adalah berbunyinya 3 nada atau lebih secara bersamaan. Akor sering digunakan untuk mengiringi melodi-melodi lagu, sehingga lagu-lagu lebih memiliki harmoni.
Akor-akor tersusun dari tangga nada yang digunakan dalam lagu. Lagu Mayor, mengunakan tangga nada Mayor:
Nada : 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 – 1
Nada : C-D-E-F-G-A-B-C
Jarak : 1 1 ½ 1 1 1 ½ 


a.    SUSUNAN NAMA AKOR MAYOR.
Kadensa Nama Not Jenis
I.          Tonika 1 - 3 - 5 Mayor
II.          Supertonika 2 - 4 - 6 minor
III.         Sub Median 3 - 5 - 7 minor
IV.        Sub Dominan 4 - 6 - 1 Mayor
V.        Dominan 5 - 7 - 2 Mayor
VI.        Median 6 - 1 - 3 minor
VII.       Leading Not 7 - 2 - 4 Diminished

Contoh Susunan Akor dalam keseluruhan tangga nada.
Nada Dasar I II III IV V VI VII

do = C            = C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim
do = Db          = Db-Ebm-Fm-Gb-Ab-Bbm-Cdim
do = D            = D-Em-F#m-G-A-Bm-C#dim
do = Eb          = Eb-Fm-Gm-Ab-Bb-Cm-Ddim
do = E             = E-F#m-G#m-A-B-C#m-D#dim
do = F             = F-Gm-Am-Bb-C-Dm-Edim
do = F#           = F#-G#m-A#m-B-C#-D#m-Fdim
do = G            = G-Am-Bm-C-D-Em-F#dim
do = Ab          = Ab-Bbm-Cm-Db-Eb-Fm-Gdim
do = A             = A-Bm-C#m-D-E-F#m-G#dim
do = Bb          = Bb-Cm-Dm-Eb-F-Gm-Adim
do = B             = B-C#m-D#m-E-F#-G#m-A#dim 


Pola GERAK AKOR untuk iringan musik sederhana.
Pola ............... Contoh
1.         I - IV - I = D - G - D

2.         I - V - I = D - A - D
3.         I - IV - V - I = D - G - A - D
4.         I - V - IV - I = D - A - G - D

Pola GERAK AKOR SUBSTITUSI
1.         I - VI - II - V - I : contoh : C - Am - Dm - G - C
2.         I - III - IV - V - I : contoh : G - Bm - C - D - G
3.         I - II - V - I ; contoh : A - Bm - E - A
4.         I - III - II - V - I ; contoh : C - Em - Dm - G - C
5.         I - VII - VI - V - IV - III - II - V - I; contoh : G - D/F# - Em - D - C - Bm - Am - D - G
6.         I - IV - III = VI -II - V - I; contoh : D - G - F#m - Bm - Em - A - D
7.         I - VI - II - V - III - VI - II - V - I ; C - Am - Dm - G - Em - Am - Dm - G - C
dll

b.    SUSUNAN NAMA AKOR MINOR.
Nada  : 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 8 - 1
Nada  : A=A B C D E F G A
Jarak  : 1 ½ 11 ½ 11

Kadensa Nama Not Jenis
I.          Tonika 6 - 1 - 3 minor
II.          Supertonika 7 - 2 - 4 diminished
III.         Sub Median 1 - 3 - 5 Mayor
IV.        Sub Dominan 2 - 4 - 6 minor
V.        Dominan 3 - 5 - 7 Mayor
VI.        Median 4 - 6 - 1 Mayor
VII.       Leading Not 5 - 7 - 2 Mayor

Contoh susunan Akor Minor :
la=Am             = Am-Bdim-C-Dm-E-F-G
la=Bbm           = Bbm-Cdim-Db-Ebm-F-Gb-Ab
la=Bm             = Bm-C#dim-D-Em-F#-G-A
la=Cm             = Cm-Ddim-Eb-Fm-G-Ab-Bb
la=C#m          = C#m-D#dim-E-F#m-G#-A-B
la=Dm             = Dm-Edim-F-Gm-A-Bb-C
la=D#m          = D#m-F#dim-F#-G#m-A#-B-C#
la=Em             = Em-F#dim-G-Am-B-C-D
la=Fm             = Fm-Gdim-Ab-Bbm-C-Db-Eb
la=F#m           = F#m-G#dim-A-Bm-C#-D-E
la=Gm             = Gm-Adim-Bb-Cm-D-Eb-F-G
la=G#m          = G#m-A#dim-B-C#m-D#-E-F#

Pola gerak Akor Minor yang sering digunakan diantaranya :
1.         I - IV - I
2.         I - V - I
3.         I - IV - V - I
4.         I - V - IV - I
5.         I - IV - VII - III - VI - II - V - I
6.         I - VII - VI - V - I
7.         I - VI - IV – I
dll





AKOR dalam Harmoni Musik Presentation Transcript
  • AKOR (CHORD) DISUSUN OLEH WING W PANDU www.my.opera.com/paw_rs2
  • PENGERTIAN Akor adalah 3 (tiga) nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan. Hubungan antar nada harus dirasakan suatu bentuk yang harmonis dan mengikat.
  • DALAM SISTEM TANGGA NADA TANGGA NADA MAYOR TN Tidak Mutlak : 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 1’ TN Mutlak/Absolut : c - d - e - f - g - a - b - c’ Jarak Nada : 1 1 ½ 1 1 1 ½ TANGGA NADA MINOR TN Tidak Mutlak : 6 - 7 - 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 TN Mutlak/Absolut : a - b - c - d - e - f - g - a Jarak Nada : 1 ½ 1 1 ½ 1 1
  • SUSUNAN AKOR MAYOR Kadensa Nama Nada Interval Jenis Akor I Tonika 1–3–5 3 B dan 5 m Mayor II Super Tonika 2–4–6 3 K dan 5 m Minor III Median 3–5–7 3 K dan 5 m Minor IV Sub Dominan 4 – 6 – 1’ 3 B dan 5m Mayor V Dominan 5 – 7 – 2’ 3 B dan 5 m Mayor VI Sub Median 6 – 1 – 3’ 3 K dan 5 m Minor VII Leading Not 7 – 2’ – 4’ 3 K dan 5 - Diminished
  • SUSUNAN AKOR DALAM TANGGA NADA BERUBAH TANGGA NADA MAYOR TN Tidak Mutlak : 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 1’ TN Mutlak/Absolut : c - d - e - f - g - a - b - c’ Jarak Nada : 1 1 ½ 1 1 1 ½ I - II - III - IV - V - VI - VII C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim D – Em – F#m– G – A – Bm – C#dim F – Gm – Am – Bb – C – Dm – Edim G – Am – Bm – C – D - Em – F#dim A – Bm - C#m – D – E – F#m – G#dim E – F#m – G#m – A – B – C#m – D#dim
  • SUSUNAN AKOR MINOR Kadensa Nama Nada Jenis Akor I II III IV V VI VII Tonika Super Tonika Median Sub Dominan Dominan Sub Median Leading Not 6–1–3 7–2–4 1–3–5 2–4–6 3 – 5+ – 7 4 – 6 – 1’ 5 – 7 – 2’ Minor Diminished Mayor Minor Mayor Mayor Mayor Catatan : pada tk.V, nada 5 berubah menjadi 5+
  • SUSUNAN AKOR DALAM TANGGA NADA BERUBAH TANGGA NADA MINOR TN Tidak Mutlak : 6 - 7 - 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 TN Mutlak/Absolut : a - b - c - d - e - f - g - a Jarak Nada : 1 ½ 1 1 ½ 1 1 I - II - III - IV - V - VI - VII Am – Bdim – C – Dm – E – F – G Dm – Edim – F – Gm – A – Bb – C Em – F#dim– G – Am – B – C - D Cm – Ddim – Eb – Fm – G – Ab - Bb
  • PERGERAKAN AKOR SEDERHANA AKOR MAYOR  I – IV – I , contoh : C – F – C / G – C - G¢  I – V – I, contoh : C – G – C / G – D - G¢  I – IV – V – I, contoh : C – F – G – C / G – C – D - G¢  I – V – IV – I , contoh : C – G – F – C / G – D – C - G¢ AKOR MINOR  I – IV – I , contoh : Am – Dm – Am¢  I – V – I , contoh : Am – E – Am¢  I – IV – V – I , contoh : Am – Dm – E - Am¢
  • MENERAPKAN CHORD PADA LAGU Pada lagu ada yang dinamakan KADENSA, yakni perasaan jatuhnya perpindahan akor pada lagu. Untuk mementukan kadensa pada lagu (dalam notasi), dilakukan cara : 1. Nyanyikan terlebih dahulu notasi lagu. 2. Rasakan jatuhnya kadens (perpindahan akor). Biasanya kadens terdapat pada hitungan 1 atau 3 (thesis) dalam setiap biramanya. 3. Akor Tonika (tk. I) selalu menjadi akor pembuka (kadens awal). 4. Lagu selalu ditutup dengan akor Tonika (not terakhir).
  • AKOR SUBSTITUSI Akor – akor Tingkat II , III, VI, dan VII merupakan akor substitusi, yang digunakan untuk memperluas harmoni musik.
  • BEBERAPA POLA SUBSTITUSI CHORD – VI – II – V- I 2. I – II – III – IV - V - I 3. I – II – V – I 4. I – III – IV – V - I 5. I – III – II – V – I 6. I – IV – III – VI – II – V – I 7. I – VII – VI – V – IV – III – II – V – I 8. I – VII – VI – III – IV – V - I 9. I – VII – III – VI – II – V - I 1. I
  • AKOR DOMINAN SEPTIME Akor yang menjadi jembatan dari Tk I ke Tk. IV. G C I IV G7 I7
  • POLA CHORD DALAM INSTRUMEN MUSIK X May = 1 – 3 – 5  X May 7 = 1 – 3 – 5 – 7¢  X May 9 = 1 – 3 – 5 – 7 – 9¢  X dominant 7 (X 7) = 1 – 3 – 5 – 7(-)¢  X augment (aug) = 1 – 3 – 5(+)¢  X minor = 1 – 3(-) – 5¢  X m7 = 1 – 3(-) – 5 – 7(-)¢  X diminished (dim) = 1 – 3(-) – 5(-) – 6¢  X sus = 1 – 4 – 5¢  X sus 7 = 1 – 4 – 5 – 7(-)¢ ¢
  • ANALISIS CHORD Chord dalam lagu pada umumnya diawali dengan menggunakan akoe Tingkat I, dan diakhiri dengan tingkat I pula. Pada bagian refrain, seringkali terjadi modulasi atau perpindahan nada dasar menuju ke Tingkat IV


Comments

Popular posts from this blog

Pendekatan Otoriter, Intimidasi dan permisiif

Hati-hati Dompet dari Kulit babi dan aksesoris tas yang bahannya dari kulit babi