Pergerakan Akor dasar dan minor
Pergerakan Akor dalam Musik
Pola GERAK AKOR SUBSTITUSI
b. SUSUNAN NAMA AKOR MINOR.
HARMONI, MUSIC, AKOR
Musik secara harmoni adalah berkumpulnya segala komponen musikal, satu
dan yang lainnya membentuk kesatuan yang utuh, yang dinamakan harmonis. Dalam
pengembangan musik, melodi akan tampak menjadi sempurna jika adalah nada-nada
lainnya yang menyertai melodi tersebut. Akor dimainkan seperti biasanya untuk
mengiringi lagu-lagu. Insrumen yang biasa digunakan seperti, gitar, piano, atau
intrumen multitone/accompagnent......s
Akor adalah berbunyinya 3 nada atau lebih secara bersamaan. Akor sering
digunakan untuk mengiringi melodi-melodi lagu, sehingga lagu-lagu lebih
memiliki harmoni.
Akor-akor tersusun dari tangga nada yang digunakan dalam lagu. Lagu Mayor,
mengunakan tangga nada Mayor:
Nada : 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 – 1
Nada : C-D-E-F-G-A-B-C
Jarak : 1 1 ½ 1 1 1 ½
a.
SUSUNAN NAMA AKOR MAYOR.
Kadensa Nama Not Jenis
I. Tonika 1 - 3 - 5 Mayor
II. Supertonika 2 - 4 - 6 minor
III. Sub Median 3 - 5 - 7 minor
IV. Sub Dominan 4 - 6 - 1 Mayor
V. Dominan 5 - 7 - 2 Mayor
VI. Median 6 - 1 - 3 minor
VII. Leading Not 7 - 2 - 4 Diminished
Contoh
Susunan Akor dalam keseluruhan tangga nada.
Nada
Dasar I II III IV V VI VII
do = C
= C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim
do =
Db = Db-Ebm-Fm-Gb-Ab-Bbm-Cdim
do =
D =
D-Em-F#m-G-A-Bm-C#dim
do =
Eb = Eb-Fm-Gm-Ab-Bb-Cm-Ddim
do =
E =
E-F#m-G#m-A-B-C#m-D#dim
do =
F =
F-Gm-Am-Bb-C-Dm-Edim
do =
F# = F#-G#m-A#m-B-C#-D#m-Fdim
do =
G =
G-Am-Bm-C-D-Em-F#dim
do =
Ab = Ab-Bbm-Cm-Db-Eb-Fm-Gdim
do =
A =
A-Bm-C#m-D-E-F#m-G#dim
do =
Bb = Bb-Cm-Dm-Eb-F-Gm-Adim
do =
B =
B-C#m-D#m-E-F#-G#m-A#dim
Pola GERAK AKOR untuk iringan musik
sederhana.
Pola
............... Contoh
1. I - IV - I = D - G - D
2. I - V - I = D - A - D
3. I - IV - V - I = D - G - A - D
4. I - V - IV - I = D - A - G - D
Pola GERAK AKOR SUBSTITUSI
1. I - VI - II - V - I : contoh : C - Am -
Dm - G - C
2. I - III - IV - V - I : contoh : G - Bm
- C - D - G
3. I - II - V - I ; contoh : A - Bm - E - A
4. I - III - II - V - I ; contoh : C - Em -
Dm - G - C
5. I - VII - VI - V - IV -
III - II - V - I; contoh : G - D/F# - Em - D - C - Bm - Am - D - G
6. I - IV - III = VI -II - V - I; contoh :
D - G - F#m - Bm - Em - A - D
7. I - VI - II - V - III - VI - II - V - I
; C - Am - Dm - G - Em - Am - Dm - G - C
dll
b. SUSUNAN NAMA AKOR MINOR.
Nada : 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 8 - 1
Nada : A=A B C D E F G A
Jarak : 1 ½ 11 ½ 11
Kadensa Nama Not Jenis
I. Tonika 6 - 1 - 3 minor
II. Supertonika 7 - 2 - 4 diminished
III. Sub Median 1 - 3 - 5 Mayor
IV. Sub Dominan 2 - 4 - 6 minor
V. Dominan 3 - 5 - 7 Mayor
VI. Median 4 - 6 - 1 Mayor
VII. Leading Not 5 - 7 - 2 Mayor
Contoh susunan Akor Minor :
la=Am =
Am-Bdim-C-Dm-E-F-G
la=Bbm = Bbm-Cdim-Db-Ebm-F-Gb-Ab
la=Bm
= Bm-C#dim-D-Em-F#-G-A
la=Cm = Cm-Ddim-Eb-Fm-G-Ab-Bb
la=C#m = C#m-D#dim-E-F#m-G#-A-B
la=Dm
= Dm-Edim-F-Gm-A-Bb-C
la=D#m = D#m-F#dim-F#-G#m-A#-B-C#
la=Em
= Em-F#dim-G-Am-B-C-D
la=Fm = Fm-Gdim-Ab-Bbm-C-Db-Eb
la=F#m = F#m-G#dim-A-Bm-C#-D-E
la=Gm = Gm-Adim-Bb-Cm-D-Eb-F-G
la=G#m = G#m-A#dim-B-C#m-D#-E-F#
Pola
gerak Akor Minor yang sering digunakan diantaranya :
1. I - IV - I
2. I - V - I
3. I - IV - V - I
4. I - V - IV - I
5. I - IV - VII - III - VI - II - V - I
6. I - VII - VI - V - I
7. I - VI - IV – I
dll
AKOR dalam Harmoni
Musik Presentation Transcript
- AKOR (CHORD) DISUSUN OLEH WING W PANDU www.my.opera.com/paw_rs2
- PENGERTIAN Akor adalah 3 (tiga) nada atau lebih yang dibunyikan secara
bersamaan. Hubungan antar nada harus dirasakan suatu bentuk yang harmonis
dan mengikat.
- DALAM SISTEM TANGGA NADA TANGGA NADA MAYOR TN Tidak Mutlak : 1 - 2 - 3
- 4 - 5 - 6 - 7 - 1’ TN Mutlak/Absolut : c - d - e - f - g - a - b - c’
Jarak Nada : 1 1 ½ 1 1 1 ½ TANGGA NADA MINOR TN Tidak Mutlak : 6 - 7 - 1 -
2 - 3 - 4 - 5 - 6 TN Mutlak/Absolut : a - b - c - d - e - f - g - a Jarak
Nada : 1 ½ 1 1 ½ 1 1
- SUSUNAN AKOR MAYOR Kadensa Nama Nada Interval Jenis Akor I Tonika
1–3–5 3 B dan 5 m Mayor II Super Tonika 2–4–6 3 K dan 5 m Minor III Median
3–5–7 3 K dan 5 m Minor IV Sub Dominan 4 – 6 – 1’ 3 B dan 5m Mayor V
Dominan 5 – 7 – 2’ 3 B dan 5 m Mayor VI Sub Median 6 – 1 – 3’ 3 K dan 5 m
Minor VII Leading Not 7 – 2’ – 4’ 3 K dan 5 - Diminished
- SUSUNAN AKOR DALAM TANGGA NADA BERUBAH TANGGA NADA MAYOR TN Tidak
Mutlak : 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 1’ TN Mutlak/Absolut : c - d - e - f
- g - a - b - c’ Jarak Nada : 1 1 ½ 1 1 1 ½ I - II - III - IV - V - VI -
VII C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim D – Em – F#m– G – A – Bm – C#dim F –
Gm – Am – Bb – C – Dm – Edim G – Am – Bm – C – D - Em – F#dim A – Bm - C#m
– D – E – F#m – G#dim E – F#m – G#m – A – B – C#m – D#dim
- SUSUNAN AKOR MINOR Kadensa Nama Nada Jenis Akor I II III IV V VI VII
Tonika Super Tonika Median Sub Dominan Dominan Sub Median Leading Not
6–1–3 7–2–4 1–3–5 2–4–6 3 – 5+ – 7 4 – 6 – 1’ 5 – 7 – 2’ Minor Diminished
Mayor Minor Mayor Mayor Mayor Catatan : pada tk.V, nada 5 berubah menjadi
5+
- SUSUNAN AKOR DALAM TANGGA NADA BERUBAH TANGGA NADA MINOR TN Tidak
Mutlak : 6 - 7 - 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 TN Mutlak/Absolut : a - b - c - d -
e - f - g - a Jarak Nada : 1 ½ 1 1 ½ 1 1 I - II - III - IV - V - VI - VII
Am – Bdim – C – Dm – E – F – G Dm – Edim – F – Gm – A – Bb – C Em – F#dim–
G – Am – B – C - D Cm – Ddim – Eb – Fm – G – Ab - Bb
- PERGERAKAN AKOR SEDERHANA AKOR MAYOR
I – IV – I , contoh : C – F – C / G – C - G¢ I – V – I, contoh : C – G – C / G – D -
G¢ I – IV – V – I, contoh : C – F – G – C /
G – C – D - G¢ I – V – IV – I , contoh : C – G – F – C
/ G – D – C - G¢ AKOR
MINOR I – IV – I , contoh : Am – Dm
– Am¢ I – V – I , contoh : Am – E – Am¢ I – IV – V – I , contoh : Am – Dm – E -
Am¢
- MENERAPKAN CHORD PADA LAGU Pada lagu ada yang dinamakan KADENSA, yakni
perasaan jatuhnya perpindahan akor pada lagu. Untuk mementukan kadensa
pada lagu (dalam notasi), dilakukan cara : 1. Nyanyikan terlebih dahulu
notasi lagu. 2. Rasakan jatuhnya kadens (perpindahan akor). Biasanya
kadens terdapat pada hitungan 1 atau 3 (thesis) dalam setiap biramanya. 3.
Akor Tonika (tk. I) selalu menjadi akor pembuka (kadens awal). 4. Lagu
selalu ditutup dengan akor Tonika (not terakhir).
- AKOR SUBSTITUSI Akor – akor Tingkat II , III, VI, dan VII merupakan
akor substitusi, yang digunakan untuk memperluas harmoni musik.
- BEBERAPA POLA SUBSTITUSI CHORD – VI – II – V- I 2. I – II – III – IV -
V - I 3. I – II – V – I 4. I – III – IV – V - I 5. I – III – II – V – I 6.
I – IV – III – VI – II – V – I 7. I – VII – VI – V – IV – III – II – V – I
8. I – VII – VI – III – IV – V - I 9. I – VII – III – VI – II – V - I 1. I
- AKOR DOMINAN SEPTIME Akor yang menjadi jembatan dari Tk I ke Tk. IV. G
C I IV G7 I7
- POLA CHORD DALAM INSTRUMEN MUSIK X May = 1 – 3 – 5 X May 7 = 1 – 3 – 5 – 7¢ X May 9 = 1 – 3 – 5 – 7 – 9¢ X dominant 7 (X 7) = 1 – 3 – 5 – 7(-)¢ X augment (aug) = 1 – 3 – 5(+)¢ X minor = 1 – 3(-) – 5¢ X m7 = 1 – 3(-) – 5 – 7(-)¢ X diminished (dim) = 1 – 3(-) – 5(-) – 6¢ X sus = 1 – 4 – 5¢ X sus 7 = 1 – 4 – 5 – 7(-)¢ ¢
- ANALISIS CHORD Chord dalam lagu pada umumnya diawali dengan
menggunakan akoe Tingkat I, dan diakhiri dengan tingkat I pula. Pada
bagian refrain, seringkali terjadi modulasi atau perpindahan nada dasar
menuju ke Tingkat IV
Comments
Post a Comment