Mudik Berkah ke kampung Halaman

Tips Mudik aman dan menyenangkan
  

   Nah di sini kita bahas yuk apa itu mudik, hehhe
sudah pada tahu dong pastinya perjalanan ke Kampung halaman yang mungkin bisa mudik dengan naik bus, pesawat ato Sepeda motor
nih ada Tips mudiknya agar lancar dan selamat sampai tujuan.
1. Tentukan Barang Bawaan

Langkah ini tampak mudah terlebih bila mudik menggunakan kendaraan pribadi, namun mengabaikannya akan membuat perjalanan mudik Anda menjadi tidak nyaman, oleh karena itu harus bijak menentukan sejak awal barang-barang yang akan dibawa kekampung halaman, karena kalau tidak niat baik untuk berbagi dengan saudara di kampung akan menjadi beban.

Tentukan barang yang akan dibawa, bila barang yang diperlukan baik di jalan maupun saat dikampung halaman, bila kebutuhan tersebut bisa didapat dengan mudah dikampung halaman jangan susah-susah membawanya.

Selain itu pastikan bahwa bekal dalam perjalanan sudah tersedia. Kondisi rute perjalanan terkadang tidak seperti yang kita bayangkan

2. Mengecek Kondisi Kendaraan

Bagi Anda yang berniat menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisinya dalam kondisi yang baik, bawa mobil Anda kebengkel langganan, cek kondisinya, kelengkapan peralatan dan serepnya, karena dalam perjalanan terkadang melewati wilayah yang jauh dari bengkel. Pastikan bahan bakar dalam kondisi terisi penuh. Jarak yang Anda tempuh bisa saja meleset dari perkiraan karena kondisi  macet dan faktor lainnya.

3. Keamanan Rumah

Periksa pengaman dirumah, pastikan listrik dan peralatan lainnya yng memang tidak perlu untuk dikondisikan. Titipkan terhadap ketua RT, RW atau tetangga terdekat yang tidak mudik. Bahkan bila perlu bayar orang orang untuk menjaga rumah Anda. Karena jangan sampai kenyamanan Anda di kampung halaman terganggu karena wawas dengan kemanan rumah.

4. Pelajari Rute Perjalanan

Jauh-jauh hari carai info rute-rute yang bisa Anda lewati. Update info setiap saat lewat posko-posko yang tersedia. Pastikan alat komunikasi selalu siap, nyalakan radio di mobil pribadi anda untuk mengapdate arus  mudik.

5.Jaga Kebugaran Tubuh

Walaupun rasa rindu kampung halaman sudah mengebu-gebu kondisi tubuh harus tetap dijaga, pasalnya stamina yang prima sangat dibutuhkan dalam menunjang kenyamanan dan kelancaran mudik Anda, oleh karena itu istirahatlah di posko-posko yang tersedia. 

6. Kelengkapan P3K

Alat-alat kesehatan dan obat-obatan juga harus dipersiapkan. Oleh karena itu sediakan P3K. Minimal pastikan Anda membawa obat anti mabuk, obat sakit kepala, minyak angin, Obat flu dan batuk obat luka, obat sakit maag dan lainnya.

7. Bekal Makanan dan Minuman

Kebersihan dan kesehatan makanan di pinggir jalan tidak bisa dijamain, selain itu terkadang perut kita tidak mudah dengan makanan baru, oleh karena itu mempersipakan bekal merupakan langkah yang harus dilakukan, karena bila salah makan perjalana mudik akan terganggu.

8. Alat Komunikasi

Segala kemungkina dalam perjalanan bisa terjadi dan alat komunikasi  menjadi salahsatu yang penting keberadannya. Dengan alat komunikasi Anda bisa sesegera mungkin bisa mengabarkan bila terjadi hal darurat, selain itu Anda dengan mudah bisa berkomunikasi dengan saudara di kampung tujuan.

Bila semuan sudah dipastikan lengkap silahkan nikmati perjanan mudik Anda dengan nyaman dan penuh kecerian.

Comments

Popular posts from this blog

Pendekatan Otoriter, Intimidasi dan permisiif

Penilaian dalam bentuk Pendidikan Kewarganegaraan SD