Perbandingan yamaha R15 dan R25 dari segi kenyamanan dan kecepatannya dan Perawatannya



Yamaha R15 dan R25 yang canggih dan elegan

Konsep Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang, merupakan ide dan perubahan yang sangat diperlukan jenis sepeda motor. Sepeda motor juga dituntut untuk efisien dalam hal penggunaan bahan bakar, yang mana tujuan utama kita selain hemat pada sisi biaya, namun juga ikut serta berpartisipasi menjaga sumber daya alam yang semakin hari semakin menipis. Sepeda motor juga harus diproduksi dengan standar tertentu serta harus lolos uji emisi CO2 (karbondioksida) yang dapat merusak oksigen serta berpengaruh buruk pada kesehatan bumi kita saat ini.
Salah satu pabrikan sepeda motor yang mengikuti standar ini adalah PT. Yamaha Motor Company, perusahaan motor asal jepang yang berpusat di kota Iwata, Shizuoka ini merupakan pabrikan motor Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang yang sudah berdiri setengah abad lebih, atau sekitar pada tahun 1955. Tokoh pendiri penting dalam perusahaan ini yaitu Hiroyuki Yanagi, yang sampai saat ini masih menjadi CEO dan Founder PT. Yamaha Motor Company merupakan aktor utama yang sangat penting seiring dengan suksesnya yamaha hingga saat ini menjadi pabrikan motor dikancah internasional maupun nasional.
Bicara soal kesuksesan Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang dalam memproduksi sepeda motor, pabrikan satu ini tidak pernah berhenti untuk selalu menginovasi produk sepeda motor mereka mulai dari jenis sepeda motor matic, Moped, Sport hingga CBU. Beberapa dari anda mungkin, mendengar istilah baru dari sederatan jenis produk sepeda motor yang dikeluarkan oleh YIMM ini.
Untuk lebih memahami seperti apa, kami akan menjelaskan secara detail mengenai jenis-jenis sepeda motor buatan yamaha. Dengan harapan, nantinya pemaparan ini tentu akan membantu anda mengenal produk yamaha lebih jauh, dan tentu saja lebih baik lagi.
Seperti yang kita ketahui, yamaha indonesia berpatokan pada satu slogan yang tidak asing dan selalu kita dengar selama ini. Slogan “semakin didepan” merupakan filosofi bagi seluruh komponen yang ada di Yamaha Indonesia, selalu siap untuk menjadi yang terdepan dan dengan teknologi sepeda motor yang semakin canggih. 
Filosofi ini tentu saja berlaku untuk beragam aspek,  sebagai contoh misalnya mulai dari “semakin didepan pelayananya”, “semakin didepan teknologinya”, “semakin didepan Ketangguhanya” dan “semakin didepan kualitasnya” serta masih banyak lagi.
Kembali pada penjelasan jenis sepeda motor yang diproduksi oleh pabrikan Yamaha Indonesia, saat ini memang ada empat tipe pengelompokan jenis sepeda motor. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan anda saat ingin membeli sepeda motor dari pabrikan ini dengan menentukan tipenya terlebih dahulu. Penjelasan jenis sepeda motor dan Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang juga akan kita bahas, adapun jenis motor yang dimaksud adalah :
1. Jenis Matic,
Sudah dapat dipastikan, ini merupakan istilah sepeda motor yang tidak asing lagi bagi kita. Sepeda motor dengan tipe ini merupakan jenis sepeda motor praktis yang paling mudah digunakan, tanpa ribet, tinggal tancap gas dan sangat cocok dilingkungan perkotaan. Sepeda motor jenis matic sangat banyak sekali varianya, tidak terkecuali juga untuk matic pria. Beberapa contoh matic dari yamaha antara lain, Mio Soul, Mio J, Mio Soul GT, Xeon, X-ride, Fino dan masih banyak lagi. Beberapa bikers ternyata ada juga yang memodifikasi jenis matic, untuk keperluan off road dijalan berlumpur.
2. Jenis Moped,
Ini merupakan jenis sepeda motor bebek yang tentu saja dicirikan dengan adanya penggunaan rantai motor, Gir, serta posisi tangki Bahan bakar berada dibawah jok. Jenis motor ini paling dominan digunakan  oleh masyarakat indonesia karena tingkat ketangguhan dan keawetanya. Jika pada matic kita khawtir dengan penggunaan phambel, tentu saja jenis moped jauh lebih aman saat digunakan untuk jarak tempuh yang jauh. Beberapa contoh jenis moped antara lain, Jupiter Z, Jupiter MX, Vega ZR, Vega R, dan masih banyak lagi.
3. Jenis Sport,
Disinilah sebenarnya inti dari artikel ini, karena artikel ini ditunjukan khusus pembahasan untukYamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang“. Kedua jenis sepeda motor ini dikategorikan sebagai motor sport yang saat ini sedang trend dibahas diberbagai media. Jenis motor yang juga termasuk dalam jajaran motor sport lainnya yaitu yamaha Vixion, baik itu Vixion produk lama maupun Vixion New series. Motor jenis ini paling ramai digunakan bagi kalangan bikers pria, terutama bagi mereka yang sangat mengemari touring. Harga yang masih terjangkau, tentu membuat setiap orang ingin dan dengan mudah memiliki jenis motor sport ini.
4. Jenis motor CBU
Jelas ini merupakan jenis motor kelas anyar, atau konsumsi bagi mereka yang memiliki banyak dana serta gemar dengan motor-motor gede atau istilah lainya MOGE. Jangan tanya soal tenaga, sepeda motor jenis ini sering kali digunakan bikers sekelas dunia untuk melakukan touring antar negara. Harga yang dibanderol untuk satu unit mungkin bisa untuk membayar 10 unit Yamaha R25. Jenis motor CBU antara lain, Yamaha R1, Yamaha R6, Yamaha TMAX (Matic Moge), dan yang termahal yamaha VMAX yang dibanderol Rp. 500.000.000
Baik, dari serangkaian pemaparan diatas sebenarnya itu merupakan serangkaian pembuka agar kita bersama-sama sedikit lebih mengenal yamaha dan beberapa produknya. Setidaknya dengan ini kita saling mengingat dan bertambah wawasan mengenai produk yamaha itu sendiri.
Seperti yang sudah dipaparkan pada point 3 dari jenis pengelompokan motor yamaha diatas, kami ingin berbagi lebih dalam mengenai salah satu produk motor sport yang paling dibicarakan pada tahun 2014 ini. Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang menjadi trends baru bagi pengemar motor sport, apalagi kedua motor ini merupakan teknologi mutakhir dari jenis motor sport tahun ini. Untuk lebih jelas, simak pembahasan lebih jauh dari kami tentang kedua motor sport YAMAHA MOTOR SPORT RACING DAN KENCANG
  1. Review Tentang Yamaha YZF-R15 motor sport racing dan kencang
yamaha R15 dan Yamaha R25 motor sport racing dan kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 motor sport racing dan kencang
Resmi rilis pada pada 23 april 2014 yang lalu, Yamaha R15 yang merupakan Motor Sport Racing dan Kencang disambut girang oleh banyak pencinta motor sport ditanah air. Pasalnya, motor yang satu ini dari sisi desain terlihat jelas banyak sekali mengadopsi gaya aerodinamis dan sangar pada setiap sisi-sisi body. Yamaha YZF-R15 ini memang merupakan adik bungsu dari keluarga motor sport seri R, baik itu R25, R1 hingga R6.
Seri R memang dikenal lebih menekankan pada distribusi bobot kedepan (mass forward), Body belakang runcing dan tinggi (sharp & high tail), Aerodinamis, dan penampilan yang kokoh serta pada umumnya menggunakan lampu depan ganda.
Bagi anda yang berjiwa sport serta menyukai Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang, tentu saja tipe motor Yamaha R15 ini sangat cocok apalagi jika anda masih berusia muda. Yamaha R15 menjadi idaman para pria diusia 17-25 tahun, dimana jiwa dinamis sangat cocok dipadukan dengan kemampuan dan style motor yang sangat gahar. Tipe peminat diusia ini merupakan target utama pagi yamaha indonesia untuk meningkatkan penjualan dan menyalurkan ego mereka untuk mengendarai motor sport harian. Dari hasil survey cepat berdasarkan hasil orderan online yang dilakukan india beberapa waktu lalu, ternyata memang para peminat motor ini cenderung berasal dari kalangan usia muda.
Motor ini tersedia dalam tiga pilihan warna, mulai dari Racing Blue, Supernova Red, Midnight Black. Harga yang dibanderol untuk satu unit,sekitar Rp. 28.000.000, namun harga ini masih termasuk harga OTR jakarta dan sekitarnya. Untuk mengetahui harga pasti dari “Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang”, sebaiknya anda tanya langsung di dealer-dealer terdekat dikota anda.
Sisi Desain, handling, dan performa tentu saja R15 tidak bisa diragukan lagi, jelas hal ini dikarenakan motor ini merupakan turunan dari keluarga R Series. Banyak sekali desain serta fitur-fitur dari R Series yang diturunkan kepada sibungsu R15, mulai dari teknologi mesin, Desain, Handling dan performa semua dibuat sedemikian rupa sehingga tercipta satu produk motor sport harian baru namun dengan harga yang masih bersahabat. Sebelum kami memaparkan lebih jauh, harap perhatikan terlebih dahulu tabel Spesifikasi Yamaha R15 dibawah ini :
Spesifikasi Yamaha R15 
Tipe Mesin150 CC, Liquid Cooled, 4-Langkah, SOHC, Single Cylinder, 4 Valve, Fuel Injection
Panjang x Lebar x Tinggi1975 mm x 660 mm x 1070 mm
Daya Maksimum16,59 PS (12,2 KW) / 8500 Rpm
Torsi Maksimum14,5 Nm / 7.500 rpm
Berat Kosong136 Kg
Kapasitas Tangki12 Liter
Tipe RangkaDeltabox
Tipe TransmisiManual, 6-Percepatan
Ban Depan & Belakang90/80-17M/C 46P & 130/70-17M/C 62S
Rem Depan & Rem BelakangCakram 267mm & Cakram 220mm
Suspensi DepanTelescopic Fork
Suspensi BelakangLink Suspension, Monocross
  
Dari tabel spesifikasi Yamaha R15 motor sport racing dan kencang, bisa kita lihat bersama-sama terdapat beberapa kesamaan yang terkesan bahwa motor ini hampir sama dengan Vixion. Hal ini tidak sepenuhnya benar, tidak juga sepenuhnya salah. Memang secara kasat mata jika melihat langsung live mesin Yamaha R15 terkesan mengadopsi dan menggunakan mesin Yamaha Vixion. Namun, antara Yamaha R15 dan Yamaha Vixion motor sport racing dan kencang terdapat kelebihan tersendiri bagi Yamaha R15  yang mana menggunakan tipe transmisi 6 Percepatan, sementara Yamaha vixion hanya menggunakan tipe transmisi 5 Percepatan.
Sebelum kita membahas satu persatu spesifikasi Yamaha R15 ada baiknya adan perhatikan tabel spesifikasi Yamaha Vixion dibawah ini untuk membandingkan Perbedaan apa saja yang terlihat antara kedua sepeda motor sport ini.
Spesifikasi Yamaha Vixion 
Tipe Mesin4 Langkah, 4 Valve SOHC, Fuel injection, Berpendingin cairan (radiator)
Panjang x Lebar x Tinggi2.010 mm x 705 mm x 1.030 mm
Daya Maksimum12,2 kW (16,59PS) / 8500 rpm
Torsi Maksimum14,5 Nm (1,48 kgf-m) / 7500 rpm
Berat Kosong129 kg
Kapasitas Tangki12 Liter
Tipe RangkaPressed backbone (Deltabox)
Tipe TransmisiReturn 5 kecepatan
Ban Depan & Belakang90/80-17M/C 46P & 120/70-17M/C 58P
Rem Depan & Rem BelakangCakram hidrolik, piston ganda & Cakram hidrolik, piston tunggal
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangLengan ayun, link suspensi monocross
  
Nah, bagaimana setelah anda melihat tabel diatas ? beberapa spesifikasi yang terdapat padaYamaha R15 memang terlihat sama persis dengan dengan spesifikasi bawaan miliki Vixion. Hal inilah yang menjadi dasar kami, mengapa pernyataan Yamaha R15 memiliki kesamaan dengan Yamaha vixion dan pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, tidak juga salah.
Advertisement
Kesamaan yang paling mencolok antara Yamaha R15 dan Yamaha Vixion mulai dari  bagian dasar pembetuk body dan mesin, Tipe Mesin, Suspensi, Rem Depan dan Rem belakang yang menggunakan cakram, Tipe Rangka. Sementara perbedaan yang membuat Yamaha R15 jauh lebih baik dari yamaha vixion yaitu pada sisi performa, Daya maksimum, Torsi maksimum, Berat kosong, Dimensi Rangka, dan Tentunya Tipe Transmisi 6-Percepatan. So ? sudah pasti anda paham dong ! Yamaha R15 adiknya seri R, masa sebanding dengan performa Vixion, cape deh !!!
Yamaha R15 Motor sport racing dan kencang Terbaik Dikelasnya.
Performa Mantap :
Yamaha R15 Motor sport racing dan kencang ini menggunakan mesin berkapasitas 150cc, 6 Percepatan, Berpendingin cairan, 4 katup, dan juga ternyata unggul pada fitur sensor, O2 Sensor, Radiator dengan teknologi yang diperbaharui. Terdapat juga fitur ECU atau disebut juga sebagaielectronic control unit, yang berguna untuk memastikan sistem pengapian hingga kelistrikan motor anda dalam kondisi prima.
Pada sisi mesin yang menggunakan teknologi anyar yamaha, DiAsil Cylinder, forged piston yang lebih tahan lama penggunaan pada unit piston, Fuel Injection untuk menghemat bahan bakar, dan LFT (low friction teknology) yang mana ini merupakan penggunaan teknologi peredaman jumlah gesekan mesin yang semakin minim, dan Nyatanya pada lintasan balap, LFT sudah diaplikasi sejak lama pada mesin moto GP.
Desain Aerodinamis dan Keren :
Bicara soal tampilan, Yamaha R15 motor sport racing dan kencang dilengkapi dengan Dual Furious Headlight, atau pengaplikasian dua buah lampu depan yang terlihat sangar dan marah. Pengapliaksian dua buah lampu ini membuat aksen gahar yang lebih kuat pada motor sport ini. Fitur pendukung canggih lainnya pada lampu yaitu sistem AHO (automatic Headlamp On) pada sisi kiri yang berfungsi untuk perjalanan touring anda, atau digunakan pada saat kondisi jalan huja, debu, dan berkabut. Sementara untuk lampu jauh (lampu tembak) posisi lampu ini terdapat pada sisi kanan.
Adopsi R series yang nyata sekali terdapat pada lampu belakang yang mecontek gaya teknologi Lampu LED pada Yamaha R6. Fairing super gede yang menjadikan Yamaha R15 sport racing dan kencang  ini terlihat sporty dibekali lubang sirkulasi udara yang baik, yang mana berprinsip pada filosofi aerodinamis untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu normal.
Split seater juga menjadikan Yamaha R15 sport racing dan kencang tampak seksi dengan gaya jok terpisah ala moto GP. So ? buat yang sudah punya gebetan, motor ini sangat cocok dibawa bersama doi, tanpa mengurangi rasa nyaman meskipun harus digunakan untuk aktivitas harian anda.
Sistem Handling :
Konstruksi kerangka motor yang menggunakan teknologi deltabox ala motor GP memberikan perbedaan tersendiri untuk motor sport ini saat dibawa pada kecepatan tinggi. Anda tidak perlu khawatir saat memacu motor ini dalam speed tinggi, karena desain kerangka Deltabox sudah diadapatasi untuk membuat Yamaha R15 sport racing dan kencang tetap stabil tanpa harus beresiko slip maupun goyang.
Kondisi meningkung yang stabil ini juga dipengaruhi oleh faktor lain dari sisi kaki-kaki Yamaha R15 sport racing dan kencang . Velg super lebar 3.5 inci dibalut ban tubeless gede ukuran 130/70 pada bagian belakang jelas memberikan tingkat aman yang jauh lebih baik saat anda menikung dijalanan dalam kecepatan tinggi. Karena pada dasarnya, semakin besar ban belakang anda maka akan semakin aman dan kuat cengkraman ban saat motor jalan raya meskipun motor anda dalam kecepatan tinggi.
2. Review Tentang Yamaha R25 motor sport racing dan kencang

“Revs Your Ego” merupakan quote resmi yang muncul dibeberapa media saat prelaunchingYamaha R25 sport racing dan kencang beberapa waktu lalu. Quote ini seakan menjadi ciri khas pengambaran diri bagi penunggang Yamaha R25 sport racing dan kencang yang ingin memuaskan ego karena ingin menunggangi motor sport sekelas Super bike yang memang terlihat sangat gahar bagi setiap pria yang menungganginya. Kesan macho memang didapatkan oleh seorang pengguna bila menggunakan jenis sepeda motor Moge ataupun CBU apalagi ditambah dengan bekingan anda baik si do’i maupun selingkuhan hehehehe. (Read : jangan ditiru !!!)
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Yamaha R25 sport racing dan kencang  jelas produk turunan kedua seri R, dari sebelumnya sudah ada Yamaha R15. Kesan moto GP dan Super Bike lebih nampak pada tampilan Yamaha R25 sport racing dan kencang  jika dibandingkan dengan desain yang ada pada Yamaha R15. Sekali lagi untuk urusan desain, tentu dipengaruhi juga oleh harga dan kemampuan daya beli bikers ditanah air.
Yamaha R25 sport racing dan kencang dibekali banyak fitur canggih bawaan dari Seri Yamaha YZF-R1 hingga Yamaha YZF-R6. Yamaha R25 lebih sering dijuluki sebagai “The Baby M1” yang mana memang teknologi yang ada pada motor ini merupakan seri pengembangan termutakhir pada motor Yamaha YZR-M1 dipentas moto GP. Tampilan yang kental akan gaya super bike memang nampak sekali pada potongan body dan fairing dual layer yang juga didesain se-modis, se-aerodinamis mungkin tanpa menghilangkan fungsi dan aksen gaya.
Bicara soal spesifikasi lebih dalam, mungkin sebelumnya anda perlu melihat spesifikasi dari mesin Yamaha R25 sport racing dan kencang  pada tabel dibawah ini.
Spesifikasi Yamaha R25 
Tipe Mesin4 langkah, 8 Valve DOHC, Berpendingin cair
Jumlah Silinder/PosisiDua/Tegak
Diameter x Langkah60 x 44.1 mm
Perbandingan Kompresi11,6 : 1
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Sistem PengapianTCI ( Transistorized Control Ignition)
Tipe BusiCR9E
Tipe BatteryGTZ8V (MF Battery 7.4 Ah)
Sistem StarterElectric Starter
Sistem PelumasanBasah
Kapasitas Oli MesinTotal = 2.4 Liter, Berkala = 1.8 Liter, Ganti Filter Oil = 2.10 Liter
Panjang x Lebar x Tinggi2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Tinggi Tempat Duduk780 mm
Ground Clearance160 mm
Wheel Base1380 mm
Caster Angle25 Derajat
Trail95 mm
Daya Maksimum26.5 KW (36 PS) @12.000 rpm
Torsi Maksimum22.6 N.m @10.000 rpm
Berat Isi166 Kg
Kapasitas Tangki14.3 Liter, (Res : 3 liter)
Tipe RangkaDiamond
Tipe TransmisiManual, 6-Percepatan
Tipe KoplingBasah, Kopling Manual, Multiplat
Ban Depan & Ban BelakangTubeless 110/70-17M/C (54S) & 140/70-17M/C (66S)
Rem Depan dan Rem BelakangCakram Floating 298 mm, Piston Ganda (Depan) & Cakram 220mm Pistong Tunggal (Belakang)
Suspensi DepanTelescopic Fork (Diameter 41 mm)
Suspensi BelakangMonocross Suspension
Lampu DepanDC Halogen 12 V, 55 W
Lampu BelakangLED
  

Sedikit pembahasan kembali mengenai spesifikasi dari Yamaha R25 sport racing dan kencang ,
Headlight Predator :
Kami melihat bagian menarik dari lampu depan motor ini yang ternyata didesain mengikuti trend lampu gaya predator yang mana saat ini sedang marak digunakan oleh banyak motor sport didunia. Gaya lampu seperti ini seringkali ditemukan pada banyak pabrikan motor yang mengusung gaya sport.
Istilah untuk desain lampu depan seperti ini lebih familiar dikenal sebagai “Predator Headlight” layaknya mata mahluk buas yang sedang emosi, sedang menunggu mangsa dengan tatapan yang tajam. Eksen seperti ini lah yang paling dicari oleh banyak bikers saat ini, karena selain membuat tampilan motor semakin macho, bagi penungganya juga akan terlihat lebih gahar.
Motor Harian Oke, Motor Balap Juga Oke :
Point penting yang tidak boleh anda lewatkan tentu saja fungsi dari motor itu sendiri sebagai apa dalam kehidupan anda ? apakah hanya sebagai pajangan ? atau sebagai alat touring anda ? atau anda gunakan sebagai kendaraan harian ? bukan menjadi masalah bagia pengguna Yamaha R25. Motor ini didesain agar tetap nyaman saat digunakan dalam kondisi apapun, termasuk jika anda ingin menggunakanya sebagai motor harian.
Teknologi Mesin Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang  :
Jangan tanya lagi soal full speed yang mampu dihasilkan oleh Yamaha R25. Mesin dengan kapasitas besar ini dibekali dua buah silinder yang bergandengan dengan 8 buah katup atau setara dengan mesin 250 CC. Mesin Yamaha R25 dibantu oleh teknologi DOHC dengan pendingin cair yang akan membuat mesin tetap dalam kondisi suhu aman serta mengurangi terjadinya overheating.
Untuk urusan injeksi, ada 12 lubang injeksi yang siap membantu dapur pembakaran dan menghasilkan semprotan lebih efisien merata pada setiap lubang yang kemudian dialirkan pada intake tipe down draft, yang mana akan membuat aliran uap bahan bakar mengalir cepat tanpa hambatan.
Handling oke dalam kondisi apapun, menjadikan Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang :
Didukung oleh dua buah velg berukuran lebar, suspensi belakang monocross, serta suspensi depan telescopic fork diameter 41 mm menjadikan kondisi nyaman saat anda melaju ditikungan. Handling yang nyaman ini memang didapat juga dari berbagai faktor, mulai dari berat motor yang relatif ringan hanya 166 Kg, bobot dari motor itu sendiri yang terbagi merata dari depan hingga belakang.
Dalam kondisi apapun Yamaha R25 akan tetap nyaman dijalan perkotaan, baik dalam kondisi jalan santai, Sedang maupun ngebut. Tapi ingat ???? anda tidak boleh kebut-kebutan. Hehehe. Oh iya, sebagai penutup, harga yang dibanderol untuk 1 unit Yamaha R25 menyentuh diharga Rp. 53.000.000.
Demikianlah ulasan kami mengenai dua buah unit Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang yang sedang trend saat ini, semoga artikel ini bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba merasakan Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang



Comments

Popular posts from this blog

Pendekatan Otoriter, Intimidasi dan permisiif

Penilaian dalam bentuk Pendidikan Kewarganegaraan SD